Wednesday, September 28, 2011
Pengalaman Pribadi pada Sistem Informasi
Dan dalam definisi yang lebih luas nya ialah :
"sistem yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis."
Pengalaman menggunakan Sistem informasi pertama saya adalah terjadi pada saat pengisian KRS pada PSMA ONLINE, terlihat di situ kita sebagai pengguna komputer di haruskan mengisi beberapa data diri, dan yang nantinya akan dimasukan ke dalam database yang sudah di bentuk untuk memunculkan Informasi data kita sendiri, hal tersebut adalah contoh dari sebuah interaksi pengguna nya dengan komputer itu sendiri, untuk mendapatkan Informasi. Hal kedua yaitu pada saat praktikum AP (Algoritma Pemrograman), visual basic pernah saya gunakan pada praktikum tersebut, visual basic juga merupakan suatu program yang digunakan untuk meng-Input suatu data / informasi kedalam database, dan menurut saya itu juga termasuk kedalam Sistem Informasi.
Monday, January 10, 2011
Dasar Algoritma dan Pemrograman
Dalam ilmu komputer, proses logis yang dilakukan secara berurutan untuk memecahkan sebuah permasalahan dengan bantuan komputer. Algoritma mengajarkan kita untuk mencari solusi terbaik dari setiap masalah yang ingin dipecahkan. Sedangkan bahasa pemrograman hanyalah sarana untuk menerjemahkan algoritma tersebut sehingga bisa dimengerti oleh komputer.
struktur algoritma secara umum :
nama program
initial state (is) : kondisi sebelum eksekusi program
final state (fs) : kondisi yang ingin dicapai
kamus : variabel yang dibutuhkan dalam program
algoritma : isi algoritma
contoh penulisan algoritma :
program tampil_nama
IS : user menginputkan nama
FS : nama inputan user ditampilkan
kamus
nama : string
algoritma
input(nama)
output(nama)
terjemahan dalam pascal :
program tampil_nama;
uses crt;
var
nama : string;
begin
write('masukan nama : '); readln(nama);
writeln('nama anda : ', nama);
readln;
end.
tiap tiap bagian nya, sbb :
[-] nama program
digunakan untuk menjelaskan atau memberi keterangan program apa sih yang kita buat. jadi buat memudahkan kita (dokumentasi). terus kalo dak diisi gimana ?? ya dak apa2. selama temen-temen inget tu program buat apa.
[-] IS dan FS
memberikan gambaran bagaimana sih program itu jalannya. kalo dalam pemrograman biasanya dibuat jadi bentuk komentar. penting dak ?? jawabannya tergantung. kalo program yang agan buat masih dalam skala kecil, ya dak masalah dak diisi. nah, kalo programnya kompleks plus gunain banyak fungsi ama prosedur, baru bermasalah kalo dak diisi silakan coba sendiri aja ntar apa masalahnya
[-] kamus
untuk tempat deklarasiin variabel yang dibutuin. buat yang baru belajar, biasakan mendeklarasikan variabel di awal, walau ada beberapa bahasa yang memungkinkan pendeklarasian variabel dimana aja. tujuannya, ya biar program agan rapi trus dak pusing (ini berlaku buat yang baru belajar, kalo udah expert mah terserah aja).
hal yang paling penting dalam pendeklarasian variabel adalah tipe dari variabel tersebut. selama ini mungkin kita tahu kalo bilangan bulan kita bilang bertipe integer, tapi integer pun ada banyak jenis, misalnya ada byte, word, long ingt, integer, dll. terus apa bedanya ??
bedanya adalah kemampuan untuk menyimpan nilai yang bisa direpresentasikan. Bingung ???
ini maksudnya :
tipe byte merepresentasikan bilangan 0-255, jadi kalo agan masukin angka 300, tidak akan bisa disimpan karena angka tertingginya 255. nilai yang lebih dari 255 ini akan diulang lg dari 0 jadi 256=0, 257=1, dst. 300 akan menjadi 44.
terus kalo udah tau apa gunanya ?? pertama buat nangkal error program. kayak contoh di atas, kita maunya mroses bilangan ampe 1000 tapi malah tipenya byte. yang kedua, menghemat memori. misalnya kita cuman butuh nilai yang kurang dari 100, biasanya buat menu, kita pake tipe integer (max value = 32767), itu mubasir. padahal byte aja udah cukup.
kemudian penamaan variabel juga perlu diperhatikan, usahakan nama variabel sesuai dengan fungsi variabel. misal kita buat variabel namanya "nama" tapi isinya ternyata umur. buat yang baru belajar, usahakan memberikan penamaan variabel yang baik and konstan, biar dak pusing sendiri
berikut adalah tipe variabel yang ada dalam pascal :
a. Bilangan bulat
ini dipake buat merepresentasikan bilangan bulat. operasi yang bisa dilakukan adalah semua operasi aritmatik kecuali pembagian, maksudnya integer : integer = real. jangan pernah manyimpan hasil pembagian integer di dalam integer
adapun jenis-jenisnya :
- Byte = 0 s/d +255
- Shortint = -128 s/d +127
- integer = -32768 s/d 32767
- Word = 0 s/d 65535
- Longint = -2147483648 s/d 2147483647
b. Bilangan real
dipake buat nyimpen bilangan yang ada koma-komanya (pecahan)
c. char
dipake buat nyimpen 1 karakter. kalo karakternya banyak, bisa disimpen di string. jadi string itu kumpulan dari beberapa char
d. boolean
dipake buat nyimpen nilai bener salah (true/false)
e. array atau tabel
dipake buat nyimpen banyak nilai. modelnya kayak laci-laci. penjelasan lebih lanjutnya ntar.
itu contoh beberapa variabel yang ada dalam pascal. buat bahasa pemrograman lain, variabelnya lain juga. silakan temen-temen cari tau sendiri (tanya mbah gogel).
selain variabel, ada juga yang namanya constanta. sesuai namanya, kalau constanta nilainya tetap, tidak berubah. berbeda dengan variabel yang nilainya bisa berubah-rubah.
[-] algoritma
disini kita menulis bagaimana sih langkah-langkah yang dilakukan buat mecahin masalah kita. hal yang perlu diperhatikan, compiler mekeksekusi syntax itu baris perbaris. jadi biasakan berpikir secara sistematis dan terurut.
demikian penjelasan mengenai struktur algoritma secara umum...
biar lebih mantab belajarnya kita langsung coba ke studi kasus aja ya.
ini dalah contoh kasus klasik dalam pemrograman.
[-] nama program
digunakan untuk menjelaskan atau memberi keterangan program apa sih yang kita buat. jadi buat memudahkan kita (dokumentasi). terus kalo dak diisi gimana ?? ya dak apa2. selama temen-temen inget tu program buat apa.
[-] IS dan FS
memberikan gambaran bagaimana sih program itu jalannya. kalo dalam pemrograman biasanya dibuat jadi bentuk komentar. penting dak ?? jawabannya tergantung. kalo program yang agan buat masih dalam skala kecil, ya dak masalah dak diisi. nah, kalo programnya kompleks plus gunain banyak fungsi ama prosedur, baru bermasalah kalo dak diisi silakan coba sendiri aja ntar apa masalahnya
[-] kamus
untuk tempat deklarasiin variabel yang dibutuin. buat yang baru belajar, biasakan mendeklarasikan variabel di awal, walau ada beberapa bahasa yang memungkinkan pendeklarasian variabel dimana aja. tujuannya, ya biar program agan rapi trus dak pusing (ini berlaku buat yang baru belajar, kalo udah expert mah terserah aja).
hal yang paling penting dalam pendeklarasian variabel adalah tipe dari variabel tersebut. selama ini mungkin kita tahu kalo bilangan bulan kita bilang bertipe integer, tapi integer pun ada banyak jenis, misalnya ada byte, word, long ingt, integer, dll. terus apa bedanya ??
bedanya adalah kemampuan untuk menyimpan nilai yang bisa direpresentasikan. Bingung ???
ini maksudnya :
tipe byte merepresentasikan bilangan 0-255, jadi kalo agan masukin angka 300, tidak akan bisa disimpan karena angka tertingginya 255. nilai yang lebih dari 255 ini akan diulang lg dari 0 jadi 256=0, 257=1, dst. 300 akan menjadi 44.
terus kalo udah tau apa gunanya ?? pertama buat nangkal error program. kayak contoh di atas, kita maunya mroses bilangan ampe 1000 tapi malah tipenya byte. yang kedua, menghemat memori. misalnya kita cuman butuh nilai yang kurang dari 100, biasanya buat menu, kita pake tipe integer (max value = 32767), itu mubasir. padahal byte aja udah cukup.
kemudian penamaan variabel juga perlu diperhatikan, usahakan nama variabel sesuai dengan fungsi variabel. misal kita buat variabel namanya "nama" tapi isinya ternyata umur. buat yang baru belajar, usahakan memberikan penamaan variabel yang baik and konstan, biar dak pusing sendiri
berikut adalah tipe variabel yang ada dalam pascal :
a. Bilangan bulat
ini dipake buat merepresentasikan bilangan bulat. operasi yang bisa dilakukan adalah semua operasi aritmatik kecuali pembagian, maksudnya integer : integer = real. jangan pernah manyimpan hasil pembagian integer di dalam integer
adapun jenis-jenisnya :
- Byte = 0 s/d +255
- Shortint = -128 s/d +127
- integer = -32768 s/d 32767
- Word = 0 s/d 65535
- Longint = -2147483648 s/d 2147483647
b. Bilangan real
dipake buat nyimpen bilangan yang ada koma-komanya (pecahan)
c. char
dipake buat nyimpen 1 karakter. kalo karakternya banyak, bisa disimpen di string. jadi string itu kumpulan dari beberapa char
d. boolean
dipake buat nyimpen nilai bener salah (true/false)
e. array atau tabel
dipake buat nyimpen banyak nilai. modelnya kayak laci-laci. penjelasan lebih lanjutnya ntar.
itu contoh beberapa variabel yang ada dalam pascal. buat bahasa pemrograman lain, variabelnya lain juga. silakan temen-temen cari tau sendiri (tanya mbah gogel).
selain variabel, ada juga yang namanya constanta. sesuai namanya, kalau constanta nilainya tetap, tidak berubah. berbeda dengan variabel yang nilainya bisa berubah-rubah.
[-] algoritma
disini kita menulis bagaimana sih langkah-langkah yang dilakukan buat mecahin masalah kita. hal yang perlu diperhatikan, compiler mekeksekusi syntax itu baris perbaris. jadi biasakan berpikir secara sistematis dan terurut.
demikian penjelasan mengenai struktur algoritma secara umum...
SUMBER
Ajax Autocompleter dengan PHP
Selain berfungsi sebagai pembantu atau pelengkap kata yang akan dicari, dapat berfungsi juga untuk meminimalisir terjadi kesalahan penulisan. Ane mencoba akan sharing membuat ajax autocompleter dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (PHP versi 5).
Skenario :
* Suatu ketika universitas 'X' ingin melakukan pencarian mahasiswanya berdasarkan nama lengkapnya! misal. ingin mencari nama 'aditya nursyahbani'. Ketika diketikkan nama tsb dan klik tombol cari hasil pencarianpun muncul mahasiswa dengan nama tsb.
* Misal universitas 'X' tersebut melakukan query pencarian dengan "SELECT x FROM y WHERE x = '$katakunci' " pada aplikasinya. Artinya kita harus mengetikan nama yang lengkap dan benar2 sesuai dengan namanya. Permasalahan: pencarian spesifik, harus mengetikkan nama dengan benar dan tepat jika tidak, pencarian tidak ditemukan.
* Misal universitas 'X' tersebut melakukan query pencarian dengan "SELECT x FROM y WHERE x LIKE '$katakunci%' " pada aplikasinya. Artinya aplikasi mencari berdasarkan kata yang mengandung atau mirip dengan kata kunci dimana '%' dapat digantikan kata atau frasa dari a-z. Permasalahan yang timbul ketika nama yang akan dicari sangat banyak (pasaran, red) misal. 30 org. Mau ga mau harus mengetikkan nama lengkapnya juga! xixixi... ditambah lagi nama org yang mau dicari panjang gilaa... =).
* Ajax Autocompleter solusinya! kita buat ajax autocompleter dengan mengambil data dari database.
Persiapan :
* Webserver (Apache or IIS)
* MySQL
* PHP5. (ane menggunakan paket XAMPP yg sudah termasuk apache,php,MySQL,dll)
* Web browser yang mendukung AJAX. (penulis menggunakan mozilla firefox)
* IDE menggunakan Macromedia Dreamweaver atau apalah sesuka hati
Langkah-Langkahnya :
* Pertama buat databasenya, gunakan phpmyadmin. Caranya jalankan XAMPP-nya, buka web browser (Mozilla Firefox) dan ketikkan http://localhost/phpmyadmin dan create database dengan nama ajax. Kemudian pilih tab menu import dan browse file hasil dumpingan dengan nama ajax.sql yang dapat didownload pada menu download dibawah.
* Langkah selanjutnya, buat folder autocomplete pada root directory atau jika menggunakan XAMPP yang diinstal di drive C, letakkan folder tsb pada 'C:\xampp\htdocs\buat folder autocomplete disini'.
Buat file template dengan nama Index.html, letakkan pada folder autocomplete
Buat file PHP dengan nama Proses.php, letakkan pada folder autocomplete
Finally, Testing aplikasi dengan mengetikkan URL pada web browser : http//localhost/autocomplete .
Download Source Code :
Ajax.sql
jquery-1.2.1.pack.js
upArrow.png
SUMBER
Tuesday, October 26, 2010
All about RT/RW-Net
Membangun RT/RW Net adalah suatu konsep dimana beberapa komputer dalam suatu perumahan atau blok dapat saling berhubungan dan dapat berbagi data serta informasi. Konsep lain dari RT/RW Net adalah memberdayakan pemakain internet dimana fasilitas internet tersedia selama 24 jam sehari selama sebulan dimana biaya yang akan dikeluarkan akan murah karena semua biaya pembangunan infrastruktur, operasional dan biaya langganan akan ditanggung bersama.
Konsep RT-RW-Net sebetulnya sama dengan konsep Warnet, pemilik warnet akan membeli atau menyewa pulsa atau bandwith dari penyedia internet / ISP (Internet Service Provider) misalkan Telkom, Indosat atau Indonet, lalu dijual kembali ke pelanggan yang datang menyewa komputer untuk bermain internet baik untuk membuka Email, Chating, Browsing, Main Game dll. Apakah RT/RW Net ini Murah ? Jawabanya adalah iya. Mari kita ambil contoh dengan menyewa komputer di Warnet dengan Rp.3.500 /jam. Asumsikan kita menyewa selama 4 jam perhari maka biaya yang akan dikeluarkan selama sebulan adalah Rp. 420.000. Bandingkan dengan RT/RW net ini dengan asumsi kita berlangganan Speedy untuk besaran bandwith 384Kb yang harganya Rp. 750.000 perbulan. Maka jika jumlah warga yang bergabung misalkan 10 orang maka sebulan warga hanya akan membayar kurang lebih 75.000. Biaya tersebut termasuk sangat murah karena pelanggan akan bebas menggunakan internet selama 24 jam sehari selama sebulan penuh.
Pengertian RT/RW-Net
RT/RW-Net adalah jaringan komputer swadaya masyarakat dalam ruang lingkup RT/RW melalui media kabel atau Wireless 2.4 Ghz dan Hotspot sebagai sarana komunikasi rakyat yang bebas dari undang-undang dan birokrasi pemerintah. Pemanfaatan RT/RW Net ini dapat dikembangkan sebagai forum komunikasi online yang efektif bagi warga untuk saling bertukar informasi, mengemukakan pendapat, melakukan polling ataupun pemilihan ketua RT/RW dan lain-lain yang bebas tanpa dibatasi waktu dan jarak melalui media e-Mail/Chatting/Web portal, disamping fungsi koneksi internet yang menjadi fasilitas utama. Bahkan fasilitas tersebut dapat dikembangkan hingga menjadi media telepon gratis dengan teknologi VoIP
Tujuan membangun RT/RW-Net
- Turut serta dalam pengembangan internet murah di masyarakat.
- Membangun komunitas yang sadar akan kehadiran teknologi informasi dan internet.
- Sharing informasi dilingkungan RT/RW sehingga masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan disekitarnya.
- Mempromosikan setiap kegiatan masyarakat RT/RW ke Internet sehingga komunitas tersebut dapat lebih di kenal dan bisa dijadikan sarana untuk melakukan bisnis internet.
Tujuan lain dari RT/RW Net ini adalah membuat semacam Intranet yang berisi berbagai macam informasi tentang kegiatan yang ada di lingkungan sekitar. Dengan tersambungnya rumah-rumah ke jaringan Internet secara terus-menerus dan tidak terputus, maka bisnis internet diharapkan akan semakin marak termasuk pemanfaatan internet untuk pembayaran tagihan telpon, listrik, pengecekan Saldo Bank , pemesanan tiket Pesawat dll.
Berapa investasi yang dibutuhkan ?
Untuk pendirian RT/RW Net ini, ada 2 biaya yang akan dikeluarkan yakni biaya investasi awal dan biaya iuran perbulan. Biaya investasi awal adalah biaya yang hanya dikeluarkan sekali yakni biaya untuk pembangunan infrastrukur. Sedangkan biaya iuran bulanan dan biaya operator adalah biaya yang akan dikeluarkan setiap bulan untuk membayar ke penyedia internet dimana besaranya akan tergantung dari besar bandwith atau kapasitas saluran yang akan disewa. Besaran biaya untuk iuran bulanan ini juga tergantung dari banyaknya pelanggan yang tergabung. Untuk koneksi Internet direncakan akan menggunakan jasa layanan Telkom yakni Speedy walau terkadang agak lambat untuk jam – jam tertentu.
Yang termasuk biaya investasi awal adalah biaya untuk pembuatan Netwotk (jaraingan) antar RT/RW dan biaya penyediaan perlengkapan untuk pemakai/warga yang ingin bergabung. Yang termasuk biaya yang akan dikeluarkan oleh calon pelanggan untuk pemenuhan perlengkapan adalah pembelian Komputer/Notebook, Wireless Card dan Antena Penerima
Untuk memulai proyek RT/RW Net harus ada tempat yang akan dijadikan sebagai Central (server) RT/RW-Net yakni tempat untuk mengelola system jaringan atau tempat akan diletakanya server perangkat modem, Billing Server, Access Point dan Switch dan juga sebagai tempat untuk mendistribusikan koneksi internet keseluruh pelanggan /rumah setiap anggota.
Untuk mendistribusikan koneksi internet keseluruh pelanggan maka ada dua cara yang umunya ditempuh yakni dengan menggunakan sistem kabel (UTP) dan sistem Wireless (Gelombang Radio). Dengan berbagai pertimbangan termasuk letak rumah para pelanggan yang tersebar maka sistem kabel tidak akan efisien jika harus menarik satu kabel kesetiap pelanggan/rumah karena jarak serta kontur tanah yang tidak rata. Dengan pertimbangan efesiensi dan efektifitas termasuk kemudahan maintenance maka kami usulkan untuk menggunakan system Wireless ketika akan mendistribusikan koneksi internet kesetiap rumah termasuk pembentukan sistem jaringan komputer atau Local Area Network (LAN).
Peralatan yang dibutuhkan (Calon Pelanggan)
Setiap warga yang ingin bergabung dalam komunitas RT/RW net ini maka peralatan yang dibutuhkan adalah :
- PC Desktop/Notebook
- Kartu Wireless ( untuk komputer/Notebook yang belum memilki Card Wireless/WiFi)
- Antena Yagi atau Wajan Bolik
Semua biaya untuk perlengkapan adalah biaya yang dibutuhkan oleh warga jika ingin bergabung dengan RT/RW. Jenis PC yang cocok buat warga, tipe wirless card yang bagus dan berkualitas serta jenis antena penerima yang akan dipasang disetiap rumah.
SUMBER
Wednesday, April 14, 2010
Manusia dan Kebudayaan
PENDAHULUAN
Manusia dan kebudayaan adalah dua buah hal yang sangat erat dan terkait antara satu sama lain, oleh karena itu dua hal tersebut sangatlah penting untuk di pelajari. Dalam pembahasaan awal materi dari mata kuliah Ilmu Sosial Dasar, kita telah mempelajari banyak hal yang terkandung dalam mata kuliah tersebut dan terkait pula dengan dua hal tadi.
MANUSIA
Manusia di alam dunia memegang peranan yang sangat penting, populasi manusia saat sekarang ini bisa di sebut sangat berguna bagi lingkungan nya bahkan juga, bisa di sebut sangat merugikan pada keadaan alam sekitarnya, oleh karena itu manusia dapat dipandang dari banyak segi. dalam waktu eksakta, manusia dipandang sebagai sekumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki dari manusia ( ilmu kimia). Ada dua pandangan yang akan kita jadikan acuan untuk menjelaskan tentang unsur-unsur yang membangun manusia
1) Manusia itu terdiri dari empat unsur yang saling terkait, yaitu
a. jasad, yaitu : badan kasar manusia yang nampat pada luarnya
b. hayat, yaitu: mengandung unsur hidup, yang ditandai dengan gerak
c. ruh, yaitu : bimbingan dan pimpinan tuhan, daya yang kerja secara spiritual dan memahami kebenaran.
d. nafs, dalam pengertian atau keakuan, yaitu kesedaran tentang diri sendiri
2) Manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur yaitu
a. Id, yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak tampak.
b. ego, merupakan bagian kepribadian yang pertama kali di bedakan dari Id
c. superego, merupakan struktur kepribadian yang paling akhir
HAKEKAT MANUSIA
a) makhluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
tubuh adalah materi yang dapat dilihat, diraba, dirasa, wujudnya konkrit tetapi tidak abadi. jika manusia meninggal tubuhnya akan hancur dan lenyap. jiwa terdapat didalam tubuh, tidak dapat dilihat dan diraba, sifatnya abstrak dan abadi. jika manusia meninggal, jiwa lepas dari tubuh dan kembali ke asalnya yaitu tuhan.
b) makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan mkhluk lainnya.
kesempurnaan terletak pada abad dan budayanya, karena manusia dilengkapi oleh penciptanya dengan akal, perasaan, dan kehendak yang terdapat didalam jiwa manusia.
c) makhluk biokultular, yaitu makhluk hayati dan budayawi.
manusia adalah produk dari saling tindak atau interaksi faktor-faktor hayati dan budayawi. sebagai makhluk hayati, manusia dapat di pelajari dari segi anatomi. sebagai mahluk budayawi, manusia dapat dipelajari dari segi kemasyarakatan.
PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Apabila kita berbicara tentang kebudayaan, maka kita langsung berhadapan dengan pengertian istilahnya. pengertian kebudayaan menyangkut bermacam-macam definisi yang telah dipikirkan oleh sarjana-sarjana dibidang sosial budaya diseluruh dunia. Dua orang antropolog termuka yaitu Melville J. Herkovitis dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa Cultural deteminism brarti segala sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat ditentukan adanya oleh kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu. Kebudayaan jika dikaji dari asal kata bahasa bersal dari kata budhayah yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa latin, kebudayan berasal dari kata colere. yang berarti mengolah tanah.
UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN
Beberapa hal yang perlu dikenal adalah masalah lain yang menyangkut kebudayaan. misalnya apa yang disebut dengan unsur. yang dimaksud dengan unsur disini adalah apa saja sesungguhnya kebudayaan itu. sehingga kebudayaan disini lebih mengandung makna totalitas dari pada sekedar penjemlahan unsur-unsur di dalamnya.
C.Kluckhohn di dalam keryannya berjudul Universal Categories of Cultural mengemukakan, bahwa ada tujuan unsur kebudayaan universal yaitu :
- SISTEM RELIGI (sistem kepercayaan). Merupakan produk manusia sebagai Homo religius. Manusia yang memiliki kecerdasan pikiran dan persaan luhur, tanggap bahwa di atas kekuatan dirinya terdapat kekuatan lain yang maha besar. Karena itu manusia takut, sehingga menyebahnnya dan Lahirnya kepercayaan yang sekarang menjadi agama.
- SISTEM ORGANISASI kemasyrakatan Merupakan produk dari manusia sebagai homo socius. manusia sadar bahwa tubuhnya lemah, namun memiliki akal, maka disusunlah organisasi kemsyarakatan dimana manusia bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
- SISTEM PENGETAHUAN merupakan produk manusia sebagai homo sapiens. pengetahuan dapat di peroleh juga dari orang lain. Kemampuan manusia mengingat-ingat apa yang telah diketahui kemudian menyampaikannya kepada orang lain melalu bahasa, menyebabkan pengetahuan menyebar luas.
- SISTEM MATA PENCAHARIAN HIDUP DAN SISTEM-SISTEM EKONOMI merupakan produk manusia sebagai homo economicus menjadikan tingkat kehidupa manusia secara umum terus meningkat.
- SISTEM TEKNOLOGI DAN PERALATAN merupakan produk dari manusia sebagai homo faber. Bersumber dari pemikirannya yang cerdas dan dibantu dengan tangannya yang dapat memegang sesutau dengan erat, manusia dapat membuat dan mempergunakan alat.
- BAHASA merupakan produk dari manusia sebagai Homo longues. bahasa manusia pada mulanya diwujudkan dalam bentuk tanda (kode) yang kemudian disempurnakan dalam bentuk bahas lisan, dan akhirnya menjadi bentuk bahas tulisan.
- KESENIAN merupakan hasil dari manusia sebagai homo aesteticus. Setelah manusia dapat mencukupi kebutuhan fisiknya, maka dibutuhkan kebutuhan psikisnya untuk dipuaskan. Manusia bukan lagi semata-mata memenuhi kebutuhan isi perut saja, mereka juga perlu pandangan mata yang indah, suara yang merdu, yang semuanya dapat dipenuhi melalui kesenian.
Ilmu Sosial Dasar
1. Minat dan kebiasaan menyelidiki apa-apa yang terjadi di sekitarnya
2. Kesadaran akan lingkungannya
3. Kerelaaran Memikirkan kembali dengan hati terbuka untuk mengabdi kepada Masyarakat, seperti di ajarkan pada tridarma putra
4. keberanian moral untuk mempertahankan Pendiriannya
Latar belakang
Latar belakang mata kuliah Ilmu Sosial Dasar pada mahasiswa pada umumnya berkaitan dengan materi materi tentang budaya, negara dan masyarakat Indonesia. Beberapa latar belakang yang mendasari pentingnya seorang mahasiswa untuk mempelajari mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ini adalah sebagai berikut :
1. Kenyataan bahwa bangsa indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya
2. Proses pembangunan yang seang berlangsung terus menerus menimbulkan dampak positif dan negatif berupaterjadinnya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental menusia terkena pengaruhnya.
3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya.
Pengertian Ilmu budaya Dasar
Pengertian Ilmu Budaya Dasar adalah sebuah ilmu yang mengkaji beberapa pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang suatu konsep-konsep yang berkembang dan di kembangkan yang berguna untuk mengkaji berbagai masalah – masalah kehidupan sosial manusia, termasuk pada kebudayaan nya.
Kata atau Singkatan dari Ilmu Budaya Dasar sebenarnya dikembangkan di Indonesia, sebagai terjemahan dari kata Basic Humanitiesm yang berasal dari bahasa Inggris. Humanities sendiri mempunyai asal kata dari bahasa latin, dengan dasar Human atau manusia. Pengelompokan Ilmu Budaya dasar sebenarnya termasuk dalam sebuah ilmu pengetahuan Budaya, hal ini di kemukakan oleh prof.Dr.Harsya Bacthiar, ia menyebutkan bahwa ilmu dan pengetahuan dapat di bagi berbagai jenis, dan di kelompokan dalam tiga kelompok besar, yaitu :
1. Ilmu-ilmu alamia
ilmu alamiah bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
2. Ilmuilmu sosial
ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia.
3. Pengetahuan budaya
pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.
Is this true? Dijual, Bunker Penyelamat 'Kiamat 2012'
Bukan bahtera Nuh -- kapal superbesar-- yang ditawarkan. Namun berupa bunker atau lubang perlindungan superkuat yang diklaim bisa menyelamatkan 4.000 orang -- jika sesuatu yang sangat buruk terjadi pada Bumi.
Dalam laman usahanya, Vivos, Robert Vicino menyebut daftar bencana mahadahsyat yang bisa dilindungi oleh bunker produksinya.
Dari, perang nuklir, senjata biologis, datangnya Panet X atau Nibiru, badai matahari, pembalikan kutub Bumi, tsunami global, jatuhnya komet atau asteroid, dan meletusnya gunung berapi super dari bawah Taman Nasional Yellowstone, Wyoming -- yang mirip spekulasi penyebab kiamat 2012.
Tak hanya sesumbar, Vicino bahkan mengajak sebuah stasiun televisi di bawah NBC News, untuk tur di bunker miliknya di sebuah lokasi yang dirahasiakan dekat Gurun Mojave di wilayah Barstow, Kalifornia.
Bunker pertama dari 20 tempat perlindungan yang akan dibangun Vivos, memiliki luas 20.000 kaki persegi, terkubur lima tingkat di bawah tanah. Tebal temboknya tiga kaki.
Bunker tersebut dilengkapi lusinan kamar yang bisa ditinggali 200 orang. Bunker juga dilengkapi rumah sakit dan dapur umum, dengan segala perabotan.
Robert Vicino bertujuan membantu orang-orang biasa yang ketakutan menghadapi potensi kiamat. Orang-orang 'pilihan' itu tentu saja harus berduit.
"Pemerintah [AS] sebenarnya punya fasilitas seperti ini, tapi itu bukan untuk orang-orang seperti Anda atau saya," kata Vicino, seperti dimuat laman The Register, Selasa 13 April 2010.
Jadi, jika Anda mau membayar US$ 50.000 anda bisa dapat kapling di bunker penampungan Vicino. Nama Anda akan tercantum dalam tunggu, sampai bunker itu resmi dijual.
Vicino mengklaim saat ini sudah ada 1.000 calon pembeli kapling di bunkernya.
Di laman Vivos, mitos kiamat 2012 disebut-sebut untuk menarik pembeli. Bahkan dipasang perhitungan waktu mundur hingga 2012.
"Apakah Anda tahu pada 21 Desember 2012 tata surya kita akan selaras dengan celah gelap Bima Sakti untuk pertama kalinya dalam 26.000 tahun? Ini jelas bukan hal baik," demikian tertulis dalam laman tersebut.
Namun, sang pemilik perusahaan, Vicino mengatakan kiamat 2012 hanya satu hal yang kita khawatirkan. Kata dia, masih banyak kekhawatiran yang jadi momok manusia.
"Selain 2012, ada kekhawatiran terkait konflik Iran, kondisi ekonomi yang morat-marit, anarkhi, kemungkinan meletusnya Gunung Yellowstone. Juga gempa bumi dahsyat yang sudah kita lihat," kata Vicino.
Jika Anda salah satu dari 4.000 penghuni bunker Vicino, dia berjanji bunker bikinannya memenuhi syarat-syarat perlindungan bencana dahsyat. Misalnya, gempa bumi hingga 10 skala Richter, semburan 50-megaton nuklir yang diledakkan dalam jarak 20 mil, juga efek badai matahari dengan kekuatan jutaan volt gelombang elektromagnetik.
Sumber : VIVAnews on http://id.news.yahoo.com